Posted by : Unknown Thursday, October 15, 2015





Fungsi dan Pengertian Motherboard


Hardware atau sering kita sebut perangkat keras komputer adalah bagian atau part komputer yang kongkret atau bisa kita lihat wujud fisiknya. Hardware komputer tersusun dari beberapa komponen elektronika dan mekanis yang dirakit membentuk modul-modul yang diberi nama sesuai dengan fungsinya. Dari beberapa perangkat keras komputer yang paling utama adalah Mainboard atau Motherboard.

Pengertian Motherboard atau Mainboard
Pengertian Motherboard adalah bagian perangkat keras komputer yang berupa papan. Dimana perangkat keras motherboard ini adalah perangkat keras yang paling utama dan sangat penting karena berisi sistem BIOS (Basic input output system), pengatur koneksi input-output(chipset), soket memory(RAM), soket kartu grafis (VGA card), soket prosessor, dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).

Fungsi Motherboard 
 ialah sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Sebagai contoh: processor, Memori(RAM) ,hard disk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan menggunakan motherboard.
Sangat banyak produsen-produsen pembuat perangkat keras motherboard. Mereka saling bersaing guna menjadi leader di market perangkat keras motherboard. Beberapa merk motherboard yang terkenal adalah Gigabyte, Asus, Albatron, Aopen, Abit, PCchips, ECS, Biostar, dan Jetway. Harga motherboard pun bervariasi tergantung dari merk dan spesifikasinya.
       Jika kita akan merakit sebuah komputer yang perlu diperhatikan saat membeli motherboard adalah adalah jenis soket prosessor, Frekuensi BUS, Jumlah soket SATA dan PCI, Jumlah soket RAM dan juga yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan dari sebuah merk. Dan tentunya harus disesuaikan dengan keperluan yaitu untuk keperluan apa komputer yang akan kita rakit. Misalnya untuk keperluan office, maka spec yang sebaiknya kita pakai adalah dibawah spec komputer untuk game online. Dengan menyesuaikan seperti itu otomatis akan memangkas budget kita. Dan yang tak kalah penting adalah garansi, tanyakan kepada toko komputer mengenai kartu garansi motherboard atau jaminan. Dengan adanya garansi ini setidaknya bisa kita claim jikalau ternyata motherboard yang kita beli ada masalah.


1.     Jenis motherboard AT baby / AT 

     Format yang digunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama. Kemudian format tersebut diganti oleh format ATX, dimana format ini membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah untuk mengakses komponen-komponen computer.


2.     Jenis motherboard ATX 

 Format ATX adalah upgrade ke Baby-AT. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan. Perangkat koneksi pada motherboard ATX ini dirancang untuk menancapkan peripheral semudah mungkin 9 misalnya, IDE konektor yang terletak disamping disk.) Apa lagi, komponen motherboard yang di susun secara pararel, sehingga untuk meningkatkan pembuangan panas.

2.2  Mikro ATX : Formatnya yang lebih kecil (244x244 mm) menjadi salah satu keunggulan utamanya, dengan biaya yang relative murah.

2.3  Standard ATX : Format ATX standar tradisional 305x244 mm. ini mencakup AGP        konektor dan 6 PCI konektor.

2.4  Flex ATX : Flex ATX merupakan perkembangan dari micro ATX yang menawarkan fleksibilitas produsen besar ketika merancang computer mereka. Ini mencakup AGP dan 2 konektor PCI konektor.

2.5  Mini ATX : mini ATX adalah alternative yang kompak untuk format micro ATX (284x208 mm), dan termasuk AGP dan 4 konektor PCI konektor, bukan3 yang dating dengan Micro ATX. Hal ini terutama ditujukan untuk mini-PC

3.     Jenis motherboard BTX.

  Format BTX (Balanced Technology Extended), didukung oleh intel, adalah format yang dirancang untuk memperbaiki pengaturan komponen, sehingga untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik, dan pengendalian panas, berbagai Konektor (slot memori, slot ekspansi) diselaraskan secara parallel, kea rah dimana udara mengalir. Kabel listrik BTX adalah sama dengan pasokan listrik ATX.


3.1 BTX standar : dengan dimensi standar 325 x 267 mm.]
3.2 Mikro BTX : dengan dimensi kecil 264 x 267 mm.
3.3 Pico BTX : dengan dimensi jauh lebih kecil 203 x 267 mm



4.
Jenis motherboard ITX .

Format ITX (Informasi Teknologi Extended), didukung oleh Via, adalah format yang sangat kompak yang dirancang untuk konfigurasi miniature seperti mini - PC.
4.1 mini - ITX : dengan dimensi kecil 170 x 170 mm dan PCI Slot.
4.2 nano - ITX : dengan dimensi yang sangat kecil 120 x 120 mm dan slot Mini PCI.

 

{ 1 comments... read them below or add one }

SMKN 1 PAKISJAYA

Total Pageviews

naruto

Popular Post

Followers

- Copyright © 2013 MAMAN -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -